Kamis, 27 Maret 2014

Folding Bicycle Traveler: Jakarta day 1


“Bu, di Jakarta juga ada wisata”, ujarku random. Ibuku mengernyitkan dahi hingga membuat dua garis yang hampir sejajar berimpitan.

“Selain mall dan waterpark yang sudah banyak?”, timpalnya dengan nada yang sedikit rendah, menandakan ragu.

“Ya.”, ucapku singkat sambil menarik risleting Windbreaker dan beranjak pergi. Jakarta juga seharusnya punya budaya yang menyenangkan untuk diselami. Gumamku dengan nada yang sama rendahnya karena Sedikit ragu. 22-23 Maret 2014, dua hari ini adalah perjalanan pertama untuk dikumpulkan dan dirangkai menjadi petualangan yang lebih besar suatu saat nanti. Aku memulai perjalanan dari sisi sebelah selatan Kota Jakarta, tempat para pekerja ibu kota melabuhkan sangkarnya usai lelah mencari makan, Jaraknya sembilan belas kilo meter jauh dari pusat kota. Angin mengalir mendung sepanjang perjalanan hari pertama. Jalanan di Jakarta tampaknya memang selalu penuh dengan sesuatu, entah itu tujuan atau sekedar kebut-kebutan. Jalan di Jakarta selalu penuh oleh alasan.

Taman Mini Indonesia Indah

Destinasi pertama di hari yang pertama adalah TMII, Taman Mini Indonesia Indah. Taman kebanggaan ibu kota yang dibuat seperti hiasan bola air yang dikocok menyembulkan salju. Berlokasi di Jakarta Selatan yang berdekatan dengan Terminal Bus Kampung Rambutan. Wonderland yang kelihatan sempurna, ucapku saat mulai melintasi kubah keong mas yang berfungsi sebagai teater. Tempat yang cukup bagus dan sarat pengetahuan, gumamku. Di kejauhan terlihat gerombolan anak-anak TK yang berbaris lucu mengikuti induknya. Seperti bebek di pematang sawah dengan wek-wekan kecil penuh rasa ingin tahu sembari menenteng botol minum yang lucu berwarna biru muda atau merah ke-ungu-an dengan bunga-bunga putih. Di TMII banyak sekali museum atau tempat-tempat untuk belajar sesuatu. Ada museum tentang listrik, iptek, perbintangan, kubah kupu-kupu dan rumah adat dari berbagai budaya di Indonesia. Mungkin jika dikelaskan, TMII adalah tempat wisata dengan ilmu pengetahuan sebagai daya tarik utamanya, akan menyenangkan membawa anak-anak kecil yang masih cerewet untuk bertanya bagaimana proses listrik terjadi, atau kenapa bumi itu bundar, Para orang tua dapat menjadi pahlawan yang serba tahu untuk anaknya. Oleh karena itu, sebuah keheranan muncul saat melihat sepasang kekasih bergenggaman tangan dan berjalan saling berdempet, berbincang dengan muka hampir saling menyentuh. Berusaha berpikir positif, mungkin kedua sejoli ini ingin belajar lebih banyak tentang bintang-bintang yang menaungi cinta mereka. Maka aku meninggalkan bebek-bebek kecil dan burung sejoli itu dalam kerlingnya hiasan bola air yang dikocok menyembulkan salju. Aku bergerak pergi lebih ke Barat, memunggungi matahari dan meninggalkan Wonderland yang kelihatan sempurna itu. Sudah cukup siang untuk mencari sesuatu yang bisa dimakan.

Kampung Betawi Setu Babakan

Selesai untuk TMII, pikirku. Terlalu ribet untuk membawa sepeda mengunjungi anjungan per anjungan satu-satu, Juga daftar hadir anjungan per anjungan satu-satu. Aku menghela nafas dan melakukan shifting sepeda ke gigi yang lebih rendah, baru saja keluar pintu masuk TMII, jalanan yang tadi pagi sedikit lengang sudah kembali penuh. Nampaknya aku harus mulai membiasakan diri dengan  Jalanan di Jakarta yang selalu penuh oleh alasan. Masih berada di sekitar Jakarta Selatan, destinasi kedua aku akan mengunjungi Setu Babakan, yang katanya merupakan kampung asli Suku Betawi yang sebenarnya suku asli kota Ex-Batavia ini. Yang mengherankan, tempat ini bisa dibilang terpencil. Terlewatkan oleh tol dan hanya menjadi jalur alternatif dari kemacetan arah Depok menuju Jakarta.

Mungkin jika tidak ada bisikan yang memberitahuku bahwa di situ terdapat suku asli, akupun akan melewatkan tempat ini. Lokasinya cukup  jauh dari akses jalan besar, juga sangat sedikit rambu arah menuju tempat wisata ini. Jalannya kecil namun rapi tapi tetap penuh. Jika jeli, mungkin akan ada beberapa marka jalan yang menyebutkan nama Setu Babakan. Letaknya hampir di tengah-tengah perkampungan warga. Baiklah, namanya memang Perkampungan Warga Betawi. Di kejauhan tampak gerbang yang menjadi pertanda selamat datang,  ternyata aku berada di tempat yang benar. Setu babakan ini, seperti layaknya tempat wisata, memiliki atraksi utama dan display-display kerajinan hasil rakyatnya. Yang menjadi perhatian utama di tempat wisata ini adalah bebek. Perahu berbentuk bebek, maksudnya. Banyak keluarga-keluarga yang berpiknik di pinggir danau, memperhatikan anak-anaknya main, atau bercengkerama air bersama di tengah danau dalam perahu bebek yang lucu. Tempat yang cocok untuk menghilangkan kepenatan ibu kota, berada di tempat yang belum terlalu terkenal dan belum banyak diketahui orang. Cukup sepi dan nyaman untuk hitungan wisata yang letaknya di tengah ibu kota.

Orkes Universitas Indonesia

Mendekati sore cuaca sudah menunjukkan tanda-tanda tidak bersahabat, agak murung nampaknya. Destinasi selanjutnya hari ini adalah segenggam tiket Musikampus Orkes Simfoni Universitas Indonesia yang sedang berlangsung hari itu. Letak Kampus Universitas Indonesia benar-benar di margin ujung Jakarta Selatan, berhimpitan dengan gerbang selamat datang kota Depok. Sebagian wilayah kampus ini masih termasuk Jakarta Selatan dan sebagian sudah termasuk Depok. Benar-benar sisi batas Selatan kota. Hesti, kawan lamaku yang memberikan tiket ini memberitahukanku untuk datang tepat waktu jam tiga. Namun, entah terlalu patuh atau memang jadwal perjalanan yang acak-acakan. Jam satu aku sudah menyelesaikan dua destinasi dan tak tahu hendak kemana.

Aku suka musik klasik yang dibawakan kembali. Musik klasik, layaknya lukisan memiliki pengartian berbeda, tergantung bagaimana dan apa cara pandang yang digunakan untuk mendengar musik tersebut.  Nampaknya ini konser pre event kecil yang menjadi pembuka konser yang lebih besar nanti, belum banyak yang datang jam tiga tepat, barisan penonton belum begitu penuh. Padahal ruangan audionya sendiri sudah kecil. Aku bersyukur mendengar bahwa tiket yang dijual sold out.  Sayang karena mereka yang terlambat melewatkan beberapa aransemen musik yang bagus. Menurutku musik-musik ini tidak terlalu banyak terpapar publik jika dibandingkan musik-musik modern, atau mungkin publik yang belum dapat menikmati musik klasik seperti cara mereka menikmati musik yang lebih easy listening. Beberapa bulan ke depan OSUI Mahawaditra ini akan bertandang menuju Australia. Aku berharap mereka dapat tetap membawa pesan musik klasik hingga ke sana.

Tidak terlalu banyak yang dapat diceritakan pada hari pertamaku tiba di Jakarta.  Coretku di sebuah catatan kecil yang dapat diselipkan di saku celana. Aku menghabiskan sisa malam setelah konser dengan diam di sebuah kafe pinggiran Jakarta, menikmati orang yang hilir mudik menerjang kemacetan dari balik kaca, mendengarkan orang-orang membaca puisi dari komunitas pecinta puisi dan memesan satu gelas minuman cokelat hangat.  Jakarta sebagai kota metropolitan, menjalankan tugasnya dengan baik.


--





1 komentar: